|

IKLAN BANNER

IKLAN BANNER
PEMILU 2024

Wisatawan diAnjurkan Kunjungi Dieng Plateau, Bukan Saat Weekend

Dieng Plateau adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan WonosoboDieng memang menawarkan destinasi yang beragam, ada situs budaya yang sarat dengan nilai sejarah dan cagar alam yang sangat indah di sini. Dieng, 12/07/2024. Perjalanan menuju ke lokasinya saja sudah sangat memanjakan mata. Sejuk, hijau, dan tenang. Melewati tiap lembah dan perbukitan yang begitu menawan, mata setiap wisatawan pasti terhipnotis. @Sonny/Tajuknews.com/tjk/07/2024.

TAJUKNEWS.COM/ Wonosobo. - Dieng Plateau adalah sebuah destinasi wisata dataran tinggi menjadi daya tarik tersendiri Wisatawan dari daerah utara otomatis akan melalui Wonosobo, sementara dari bagian Selatan akan melewati Banjarnegara.

"Dieng terletak di antara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.  Dieng memang menawarkan destinasi yang beragam, ada situs budaya yang sarat dengan nilai sejarah dan cagar alam yang sangat indah di sini.

Rasanya ingin hidup dan menua di tempat ini. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika mengunjunginya tahun lalu, Dieng Wonosobo, 12/07/2024. 

Terlebih lokasinya yang berada di . Perjalanan menuju ke lokasinya saja sudah sangat memanjakan mata. Sejuk, hijau, dan tenang. Melewati tiap lembah dan perbukitan yang begitu menawan, mata setiap wisatawan pasti terhipnotis. 


Akan tetapi bayangan itu hilang dalam sekejap menjadi ekspektasi semu yang bersemayam di pikiran saya. Pasalnya ketika kembali ke sana beberapa waktu lalu. Dieng, sebuah destinasi yang disebut seperti di Swiss itu, berubah menjadi lokasi wisata yang tidak karuan. Ramai dengan pengunjung yang norak dan suka buang sampah sembarangan.

Saya kemudian sadar. Ah, saya mengunjunginya di kala weekend. Waktu yang dimanfaatkan banyak orang, setidaknya dari seluruh penjuru Jawa, untuk menikmati akhir pekan di dataran tinggi seperti Dieng. Sementara tahun lalu, alasan saya bisa menikmati suasana syahdu di Dieng karena kunjungan saya yang kala itu saat weekday, hari yang banyak orang masih sibuk bekerja.

Suasana tidak mengenakkan sudah mulai saya rasakan ketika dalam perjalanan sebelum tiba di Dieng itu sendiri. Tepatnya di jalur pintas area Candiroto Temanggung-Wonosobo. Jalur ini memang terkenal cukup ekstrem karena terdapat beberapa tanjakan tinggi. Banyak mobil terjebak dan tidak kuat menanjak sehingga berakibat pada kemacetan. Bayangkan saja, jalur tanjakan macet. Bagi saya cukup menyeramkan.

Saya menerka, para pemilik mobil yang tidak kuat menanjak ini asal ambil jalan pintas melalui Google Maps tanpa tahu medannya. Padahal ada jalur yang lebih aman, yaitu melewati Parakan Temanggung, Memang sedikit memutar, tapi ya masih mending lah daripada bikin pengendara motor seperti saya jadi ikutan senam jantung.

Kemacetan tidak berhenti di situ. Lebih parah dialami ketika memasuki jalur Dieng Kejajar. Sudah jalannya sempit, ada perbaikan, jumlah mobil dan motor pun membludak. Full macet. Terlebih karena ada perbaikan jalan sehingga harus menggunakan metode one way agar bisa saling berbagi jalan. Jalur ini sebelahnya sudah tebing, lho. Jadi ya tidak kalah menyeramkan dari jalur yang saya lalui sebelumnya.

Pada saat itu, perasaan saya masih optimis, menganggap bahwa semua akan terobati ketika tiba di Dieng nantinya. Kemacetan ini setimpal lah dengan suasana syahdu, tenang, dan sejuk ketika tiba di wisata-wisata di Dieng.

Sayangnya, ketika memasuki kawasan Dieng Plateau, yang ada hanya penampakan kerumunan mobil jeep dan minibus yang berbaris memenuhi jalanan. Ekspektasi memang sebaiknya tidak dipupuk tinggi, karena bila tidak sesuai, rasa kecewa dan sakit tidak begitu menusuk hati dan pikiran. Pelajaran penting yang acap kali saya abaikan.

Destinasi pertama yang coba saya kunjungi adalah Kawah Sikidang. Sesampainya di sana, antrean manusia sudah penuh mulai dari pintu masuk hingga di dalam kawasan kawah. Jalur pengunjung yang berbentuk jembatan itu sudah dipenuhi kumpulan manusia narsis yang sedang mengantre untuk berfoto di kepulan asap kawah. Kerumunan makin marah dengan kondisi Kawah Sikidang yang sepertinya dalam proses revitalisasi, sehingga terasa lebih kecil dan sempit daripada yang saya lihat saat mengunjunginya tahun lalu.

Seolah tidak mau kalah, destinasi kedua, Batu Pandang Ratapan Angin terlihat tak kalah parah. Tiba di sana saya benar-benar meratap karena melihat kondisi destinasi yang sangat kotor penuh dengan sampah. Para pengunjung yang saat itu banyak dari kalangan Ibu-ibu terlihat berdesak-desakan dan berebut berfoto di spot foto yang memperlihatkan langsung pemandangan Talaga Warna yang ada di bawahnya. Representasi benar-benar merasakan sebuah ratapan.

Saya masih berharap ada destinasi yang bisa saya nikmati tanpa berdesak-desakan. Pilihan saya jatuh pada kawasan Candi Arjuna.

Saya bertolak ke Candi Arjuna dengan energi fisik dan sosial yang kian menipis. Dalam kondisi badan dan emosi yang tidak karuan, saya hanya butuh tempat untuk duduk dan melamun. Setidaknya untuk beristirahat sebelum berpulang kembali. Syukurlah, tiba di sana, situasi cukup terkendali. Meski terlihat ramai, tapi tidak sumpek seperti dua destinasi sebelumnya.

Akan tetapi situasi nggateli nyatanya masih membersamai. Kurang dari setengah jam saya duduk, mendung menyelimuti langit Dieng. Beberapa menit kemudian, hujan pun turun. Dataran tinggi seperti Dieng memang akrab dengan cuaca hujan ketika menjelang siang. Cuaca mendung jadi musuh tersendiri karena menutupi hijaunya keindangan dari Kawasan Dieng. Saya kemudian memutuskan beranjak dari Candi Arjuna.

Tiga destinasi tersebut membuat saya menyerah untuk menjelajah lebih jauh kawasan Dieng Plateau. Saya berniat mendatangi Telaga Menjer. Lokasi destinasi ini memang berada di luar Dieng Plateau, sehingga potensi ramainya lebih kecil.

Meski hujan bisa saya hindari, ternyata ketika tiba di sana, situasinya sama ramainya. Bayangan menikmati telaga yang tenang di pinggirnya atau menaiki perahu sambil melamun pun hilang.

"Saya pun duduk tanpa tenaga. Membayangkan bagaimana nasib saya nantinya saat pulang mengingat perjalanan tadi yang sangat macet".


Akhir pekan memang bukan waktu tepat untuk pergi ke Dieng. Niatnya ingin healing, eh malah jadi sinting. Sebaiknya datanglah saat weekday. Suasana tenang dan syahdu tentu bisa kalian dapatkan di hari biasa.

Mungkin ini peringatan juga bagi kalian yang ingin pergi ke Dieng Festival pada bulan Agustus mendatang. Sebaiknya jangan berekspektasi tinggi biar tidak sakit hati dan pikiran. Selain itu, datanglah sebelum hari gelaran festivalnya, supaya kalian terhindar dari kemacetan yang bikin kepala pening dan jantung berdebar-debar.


@Sonny/Tajuknews.com/tjk/07/2024.

#kapubatenbanjarnegara #wonosobo #destinasi

Komentar

Berita Terkini